Dahon Mu P8: Keluarga Baru Kami

Dahon Mu P8 selayang pandang; Tepat 1 Tahun lebih (Februari 2011) akhirnya Foldi harus berpisah dan mulai bulan Februari 2012 akan menemani Keluarga Danan dan Arin di Tanah Papua sana. Dan mengingat perlunya Sepeda Lipat / Folding Bike untuk menunjang kemudahan saya di situasi2 tertentu maka kami memutuskan untuk mencari pengganti Foldi PocketRocket yang sudah terbang ke tanah Papua.

Dahon Mu P8 - Parkir di pare Makan Pecel
Dahon Mu P8 - Parkir di pare Makan Pecel

Sebelum akhirnya pilihan jatuh ke Dahon Mu P8 ini kami sudah mencoba survey offline dan online baik itu  bertanya kepengguna Seli/Foldi yang lain seperti Paman @spicap. Kami juga mencari informasi di ranah maya. Saat itu banyak pilihan kami coba sematkan mulai dari keluarga Polygon, Keluarga Downtube dan Keluarga Dahon ini. Ketiga keluarga ini saya melihat hanya Dahon yang mempunyai varian cukup banyak dan tersedia dari yang paling murah hingga cukup mahal (diatas 20juta). Keluarga Polygon ada dua varian Metro dan Urbano, untuk keluarga Polygon ini kami melihat susah sekali membedakan perbedaan antara Urbano dan Metro baik dari online maupun offline. Sedangkan di keluarga Downtube ini ada dua varian juga yaitu Seri Nova dan suka seri 9FS, seri Nova ini mirip dengan keluarga Polygon tanpa shock dan cocok untuk lintas kota, seri Nova ini di Indonesia cukup banyak peminatnya, bahkan di ibukota sampai ada klub penggemar Nova ini. Sedangkan seri Nova 9FS ini saya melihat dan pernah merasakan (punya kakak keempat) kesimpulan saya terhadap 9FS ini adalah Foldi rasa MTB, karena Full Shock atau lengkap suspensi belakang dan depannya. Dulu sewaktu mencoba ada sedikit masalah di perpindahan gigi yang tidak rapi.. tapi selain itu nyaman dipakai.

Posisi di Lipat Dahon Mu P8
Posisi di Lipat Dahon Mu P8

Sedangkan Keluarga Dahon ini karena begitu banyaknya varian saya sampai bingung dibuatnya. Harga antar varian juga tidak terpaut jauh, sehingga saya banyak sekali menggunakan media internet untuk membaca dan metani satu satu. Kenapa akhirnya saya mengambil dan memutuskan ambil Dahon Mu P8? Selain dari beberapa review yang ada karena saat itu (4 Maret 2012) kami mendapatkan khabar sedap dari Pakdhe Heru Sri Kumoro sang wartawan photo kompas kalau Seri Dahon tertentu termasuk Dahon Mu P8 sedang diskon hebat. Ini secara tidak sengaja kami dapatkan karena sebelumnya saya sempat Tweets tentang dua varian apakah mau ambil Downtube Nova 9FS atau ambil Dahon Mu P8. Kemudian saya lanjut diskui dengan beliau di media WhatsApp akhirnya kami di kenalkan dengan mas Kartika Bagus salah satu pengelola B2W Solo karena memang sedang diskon dan itu waktu yang sangat terbatas.

Dengan menimbang sana sini akhirnya saya memutuskan memilih warna Yellow Sunshine dan Foldi dikirim ke Kota Pare, Kediri. Mengingat saat itu sedang ke kota ini, karena juga layanan antar ELTEHA belum ada di Desa Ponjong. Alhamdulillah perjalanan Foldi dari Solo ke Pare hanya ditempuh dalam waktu 24 jam sehingga sekitar pukul 14.00 tanggal 7 Maret 2012 Foldi sudah ditangan (kami pesan Foldi tanggan 6 Maret 2012).

Dan berikut beberapa rekaman lensa Foldi Dahon Mu P8 ini.

Kesan pertama saya cukup puas terutama dalam IN DETAIL setiap aspek di Dahon ini, cukup berkelas. Beberapa area digarap bukan main2. Saya coba untuk nyepeda keliling kota Pare menempuh jarak 11.5 km cukup lancar, perpindahan gigi sangat halus dan nyaman. Yang cukup membuat lebih ngeh adalah janji kalau bongkar pasang sangat cepat dari pihak Dahon benar adanya. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah nyaman cepat dan aman.

Dengan berat sekitar 11kg Dahon Mu P8 ini jauh lebih ringan dibanding PocketRocket yang telah menemani setahun bersama kami. Jadi dengan adanya Keluarga Baru Kami ini, sepertinya Aktifitas Gowes akan kembali saya galakkan. Salam Foldi….

0 thoughts on “Dahon Mu P8: Keluarga Baru Kami

    1. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ salah satu tujuan Ambil FOLDI karena dan biar dimana mana bisa Gowes.. karena saya hampir pasti setahun ke Jawa Timur 2-4 kali…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *