Cara Mudah dan Cepat Memindah Data WordPress

Domain ini JAUHARI.net dan keluarganya telah pindah ke beberapa layanan hosting lebih dari satu kali. Permasalahan yang sering muncul adalah prosesi pemindahan yang lama. Lama ini biasanya disebabkan karena sudah banyaknya data baik itu data MySQL maupun data seperti gambar dan lain lain.

Cara Cepat Memindahkan Data WordPress Ke Server Baru
Cara Cepat Memindahkan Data WordPress Ke Server Baru

Dulu pada saat saya belum menemukan metode ini. Memindahkan data ini bisa memakan waktu berjam2 dan belum tentu berhasil. Dan kalau macet ditengah jalan saya harus mengulangi dari awal lagi. Akhirnya saya googling tanya sana sini dan menemukan solusi mudah dan cepat memindahkan data web (WordPress) hosting ke layanan hosting lain.

Metode ini diperlukan shell akses baik itu menggunakan Telnet ataupun SSH. Jika layanan ini belum diaktifkan di Akun Hosting anda, anda bisa memintanya. Karena layanan SSH atau Shell akses ini jarang sekali disertakan kecuali kita memintanya. Itulah kenapa layanan shell access ini selalu menjadi prioritas sebelum saya memutuskan menggunakan jasa webserver tersebut atau tidak.

Oke, mari kita mulai. Lebih enaknya sebelum menggunakan metode ini. Kalian bisa menyimak tulisan saya tentang tar archive. Karena kita akan menggunakan metode itu. Mari kita lanjutkan.

Pertama Buka Shell Access (Telnet maupun SSH) ke server, jika anda pengguna Linux, Unix, Mac OS X anda cukup membuka terminal anda. Kalau kalian pengguna Jendela. Untuk bisa menggunakan SSH anda butuh download program seperti PuTTY.

Setelah sukses login. Hal pertama untuk adalah back up dari data website anda di server yang sedang aktip. Saya sendiri biasa back up hanya folder public_html karena hanya di folder inilah semua data website saya tersimpan. Cara backupnya menggunakan perintah tar seperti ini.

tar cvzf websiteku.tgz public_html

Perintah diatas akan mengompress semua data didalam folder public_html.

Sekedar catatan jika anda menggunakan layanan plugin W3Cache atau cache yang lain. Terlebih dahulu dihapus aja cachenya karena hal ini akan membaut waktu kompresi menjadi lebih lama.

Setelah anda sukses kompresi public_html, langkah yang tidak kalah penting adalah backup MySQL database. Anda bisa melihat settingan database, username dan password di wp-config.php dan copykan parameternya untuk kemudian lakukan perintah berikut ini

mysqldump --opt -uUserMySql -pPasswordMySQL -h localhost  NamaDatabase > databaseku.sql

Biasanya lama atau cepatnya proses ini, tergantung besarnya data database anda. Ketika perintah ini telah selesai dijalankan dan anda jalankan perintah

ls -l

Nanti akan terdapat dua file baru yaitu databaseku.sql dan websiteku.tgz. Oke sekarang langkah selanjutnya. Kita akan segera transfer dua data ini ke server baru. Segera ketikkan perintah ftp IPServerBaru kemudian masukkan username dan password. Kalau anda mujur dan sukses login. Langkah selanjutnya segera transfer dua data tadi ke server baru anda dengan perintah seperti ini

put websiteku.tgz;

dan

put databaseku.sql

kalau sudah selesai segera exit dengan perintah

exit

Oke. Anda sudah sukses memindahkan data keserver baru. Langkah selanjutnya adalah login ke server baru via SSH, Anda bisa login menggunakan jendela/tab yang sama atau menggunakan jendela/tab baru.

Sebelum anda melanjutkan panduan ini. Pastikan anda login ke cPanel atau website manajemen anda dan buat username dan database buat kita taruh datan nantinya.

Sekedar Tips: Usahakan username, password dan juga nama database dibuat sama aja agar anda tidak perlu melakukan edit2 lagi nantinya

Mari kita lanjutkan *sruput kopi* Hal pertama anda lakukan perintah extract data dari data tgz tersebut dengan perintah

tar xvzf websiteku.tgz

Perintah ini akan berjalan dan jangan lupa berdoa agar cepat dan nyaman. Setelah selesai langkah selanjutnya adalah menaruh data SQL ke database yang telah kita tentukan tadi dengan cara

cat databaseku.sql | mysql -uUserMySql -pPasswordMySQL  -h localhost NamaDatabase

Dan Selesai. Anda sekarang sudah memindahkan ke server baru, langkah selanjutnya memindahkan name server ke server baru agar pengunjung akan lari ke server baru. Dan untuk mencegah hal2 yang tidak di inginkan. Login ke WordPress dan masuk bagian setting permalink dan safe ulang permalink anda. Semoga berhasil…..

Sumber Gambar disini http://www.flickr.com/photos/[email protected]/5580348753/

18 thoughts on “Cara Mudah dan Cepat Memindah Data WordPress

  1. Pingback: Arif Riyanto
  2. iya dlu aq juga gtu, pindah hosting eh gambar-gambarnya jadi ga nongol kang :( . hmm. SSH baru denger sih . coba jaga-jaga kalo besok mau pindah hosting lagi. hehe. mantep infonya kang.

  3. Saya “terpaksa” belajar memanfaatkan hosting di Heroku & Github karena gak ada biaya buat sewa hosting ber-SSH :D

    Akhirnya pilihan jatuh ke Github karena di Heroku domain mapping harus disertai verifikasi kartu kredit… hahah…

    eh oot, maaf, saya gak pernah pakai WordPress je…

  4. Pingback: Nurudin Jauhari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *