Cara Menambah Kontak Form WordPress

Siapapun pengguna WordPress, salah satu fitur yang selalu dicari dan ingin sekali dipasang di blognya adalah Kontak Form. Halaman sederhana yang berisi form untuk interaksi antara pembaca dan juga penulis. Banyak sekali cara dilakukan mulai dari menggunakan plugins, maupun menggunakan layanan pihak ketiga.

Keluarga Jauhari
Keluarga Jauhari

Tak jarang saat ini beberapa WordPress Theme sudah menyediakan fitur ini atau biasa di sebut (built in comment form). Saya sendiri termasuk penyuka atau fans berat dua plugins kontak ini. Yang pertama cforms ][ dan Contact Form 7. Keduanya menarik dan layak dicoba.

Kalau mau yang sangat lengkap emang menggunakan cforms ][ adalah solusinya. Plugin ini dulu sempat jadi jawara plugin komentar hingga akhirnya terpaksa ditarik dari Plugins Extend di WordPress.org karena masalah lisensi. Akhirnya banyak plugin komentar yang menjadi rising stars, salah satunya adalah Contact Form 7.

Sebenarnya ada cara lebih mudah untuk menggunakan atau menambah Kontak Form ini. Salah satunya dengan Plugin Jetpack dari Automattic ini, plugin ini adalah sebuah framework plugin dimana saya menyebutnya plugin didalam plugin. Ide ini berawal dari Automattic sendiri yang mempunyai beberapa plugin terpisah, akhirnya daripada terpisah2. Pihak Automattic membuat wadah plugin dengan nama Jetpack. Langkah ini mulai ditiru oleh WooThemes Family dengan melepas WooDojonya.

Kontak Form Jetpack
Kontak Form Jetpack

Kembali ke Kontak Form, di Update Jetpack Plugin versi 1.3 ini kita bisa menikmati fitur baru yaitu Kontak Form. Cara menambahnya cukup mudah, tinggal tekan icon disamping upload/insert Media ada icon Kontak. Silahkan tekan icon ini, nantinya akan muncul Form sederhana dan kita bisa memberikan kustom. Setelah selesai silahkan simpan dan Kontak Form sudah tertambahkan di WordPress Selft Install anda.

Modifikasi Kontak Form Jetpack
Modifikasi Kontak Form Jetpack

Yang lebih awesom lagi adalah, Kontak Form Jetpack ini sudah terintegrasi dengan Akismet, sebuah Plugin yang awesom juga dari Automattic. Selamat mencoba.

0 thoughts on “Cara Menambah Kontak Form WordPress

  1. Alhamdulillah dapat tutorial ini,, ternyata jadi mudah kalau pake plugin. sebbelumnya saya taktahu dan cuma paje scrupt dari tutorial yang ada diinternet
    Kontak formnya lebih cantik ni, bisa langsung saya coba
    terima kasih Pak..

  2. Keren banget,, blog wordpress selalu didukung dengan banyak plugin yang menarik. sangat berbeda dengan blogspot
    btw, plugin ini hanya tersedia untuk wordpress.org saja ya Pak.. bagaimana dengan wordpress.com ??
    terima kasih infonya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *