Cara Memperbaiki “Error Establishing a Database Connection” di WordPress

Memperbaiki error database wordpress Memperbaiki error database wordpress

Dari Pagi tadi Blog NURUDIN.JAUHARI.NET ini mengalami Error Establishing a Database Connection yang celakanya bukan karena Databasenya Mati atau Server MySQL nya mati.

Tapi lebih kepada adanya GAGALnya si WordPress akses ke MySQL. Jebulnya sebab gagalnya ini bukan karena apa-apa, tapi emang sebelumnya sempat ada masalah disana.

Saya coba terapi dan check dengan akses DOMAIN lain di Server yang sama dan hasilnya NORMAL tidak ada masalah. Jadi analisis saya menyimpulkan masalah ada di Database Blog ini, saya coba GUUGLING dan nemu beberapa cara. Dan cara yang saya tempuh adalah memanfaatkan fitur WordPress itu sendiri.

Memperbaiki error database wordpress

Memperbaiki error database wordpress

WordPress memiliki fitur REPAIR database yang fitur ini OFF pada DEFAULTnya dan bisa di ON kan kalau ada masalah. Nah begini solusinya

Kalian harus bisa akses ke server untuk edit wp-config.php dan menambahkan baris kode ini.

define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Setelah kode itu ditambahkan jangan lupa di simpan. Dengan menambah kode tadi, WordPress akan berfungsi sebagai REPAIRER databasenya. Untuk menjalankan REPAIR cukup mudah.

Cukup akses ke DOMAINKAMU.com/wp-admin/maint/repair.php

Dan silahkan ikuti petunjukannya hingga selesai. Setelah semua selesai dan SUKSES silahkan hapus CODE di wp-config.php tadi dan disimpan. Dan silahkan diakses kembali WordPress kalian.

Tadaa.. masalah pelik kalian teratasi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*