Cara Kilat Upgrade WordPress

Bagi anda penyuka dan pengguna WordPress, ada satu kendala yang kadang mbikin pusing otak. Walaupun ini sebenarnya menunjukkan bahwa WordPress bukan hanya main main dengan selalu update systemnya dan selalu memberikan pencerahan kode-kodenya yang terdapat beberapa bugs sana sini ataupun menambah fasilitas berdasar kemauan user.

Disini saya akan memberikan cara update super kilat dan Insya Allah tidak akan menyulitkan. Dalam melakukan metode saya ini diperlukan sedikit pengetahuan tentang file dan folder serta akses ke FTP server dimana hosting Blog tersebut berada.

Langkah Langkahnya

Download versi mutakhir dari WordPress, Kemudian extract di local Mac OS X Leopard (untuk pengguna jendala kata kata ini bisa diterjemahkan Windows) :D , kemudian hapus folder wp-content berserta isinya.

Setelah itu login ke server dimana blog sampean bernaung. Hapus semua file-file WordPress yang ada kecuali wp-config.php dan folder wp-content.

Jangan Menghapus file file selain file-file WordPress seperti .htaccess, sitemap.xml, robot.txt dan lain sebagainya.

Setelah itu upload semua file tersebut ke server. Dan setelah sukses upload, silahkan menuju halaman admin dan silahkan one click upgradenya. Selamat Menikmati versi terbaru WordPress anda.

0 thoughts on “Cara Kilat Upgrade WordPress
  1. mat kenal
    pada waktu menghapus file default.html pada ftp, file 2 lainnya ikut kehapus, cara mengembalikannya gimana pak, mohon bantuannya

    makasih

  2. Mas kok, mas bilang “hapus folder wp-content berserta
    isinya.” lalu yang di ftp dihapus juga, terus berarti wp-conten
    nggak ada dong, gimana sih? nggak ngerti aku!

  3. salam kenal.. :-D
    Maaf mas bisa bisa lebih umum lagi ga bahasa nya…
    saya newbie.. baru belajar buat blog…
    pertanyaan saya gimana cara nya agar kita tau alamat server hosting blog kita..
    gimana cara upload nya.. (worship)
    ada tutorial nya ga..?? (worship)
    tolong balas ke email saya yaa… :-)
    terimakasih sebelumnya atas bantuan nya….

  4. makasi bgt mas infonya .. aq baru install wp 2.8.5 eh taunya udah ada yang 2.8.6 , main main nih wordpress haha :D

    btw mas , kalau kita mau upgrade langsung lewat dashboard itu kita diminta buat ngisi formulir ftp blablabla gitu (kalau mau upload file gambar juga muncul formulir yang sama). diisi apa ya mas ? *bingung* masih nyubi bgt soalnya..

    Mohon bantuannya

  5. ugh… aneh juga ni bang,, padahal saya dah pake wp versi terbaru, tapi di admin panel masih tetep kita di suruh apdate WordPress 2.7.1 telah tersedia! Silakan memutakhirkan sekarang.. bt ngeliat tulisan itu mulu, kbtlan saya pke versi indo, kalo pake versi inggris ga da masalah c bang..

    achots last blog post..Mencuri Rank Lewat Alexa

  6. maaf mas disini saya msh bingung…
    maksudnya gmn mas?

    soalnya kata2 (1) “HAPUS SEMUA”kecuali “wp-config.php dan folder wp-content”

    dan

    “JANGAN MENGHAPUS file file selain file-file WordPress seperti .htaccess, sitemap.xml, robot.txt dan lain sebagainya.”wp-config.php dan folder wp-content”

    maklum ya mas masih newbie bgt….
    Makasih mas…

  7. masNur… saya baru nyoba upgrade wordpress 2.7 tetapi setelah saya extrak kok muncul pesan ini “Unable to get the archive wordpress 2.7.zip from the FTP server” kenapa ya???

  8. @24 Lukman
    Jika kesulitan reset melalui WP-LOGIN mas bisa melakukan dengan sedikit HACK dengan menggunakan phpMyAdmin, caranya mudah.. mas login ke phpMyAdmin trus cari user sampean di table biasanya wp_users trus mas edit aja user sampean dengan cara memasukkan password baru. Jangan lupa typenya di set ke MD5 biar nanti bisa sinkron.

    *salaman*

  9. oom saya baru belajar pake wordpress tapi saya ga bisa masuk ke halaman admin blog saya karena saya lupa paswordnya. ada ga cara lain untuk buka tampa pasword. saya juga udah ikuti prosedurnya pi tetap ja hasilnya nihil.please om kasi tau yaaa

  10. @Hendrawan
    Mas bisa gabung disini WordPress Republik, tapi disini saya akan memberikan sedikit cara kilat. Jika mas hanya dan ingin pindah ke BLOGGER, lebih baik WordPress di CPanel dibiarkan dulu aja, siapa tahu nanti akan berguna ketika memutuskan kembali ke WordPress lagi ;)

  11. proses upgrade saya gak sampe lima menit.

    biasanya saya gunakan dua cara, yaitu lewat ftp dan cpanel.

    lewat ftp saya hapus semua file *.php (kecuali wp-config.php dan file2 lain yang dianggap penting). Terus lewat cpanel saya hapus semua direktori wp-* (kecuali wp-content dan direktori lain yg dianggep penting).

    udah gitu saya zip ulang semua file (source code) versi wp terbaru (gak termasuk direktori wp-content dan file wp-config.php), terus upload lewat cpanel dan extract dari cpanel, selanjutnya tinggal klik http://NAMASITUS/wp-admin/upgrade.php. beres dah :D. jangan lupa hapus file upgrade.php dan install.php dari direktori wp-admin setelah proses upgrade selesai.

  12. Sekedar menambahkan ya Mas Jauhari…
    Kalo saya pake cara begini…. file yang udah ada ga usah di delete, cukup donlot versi wordpress terbaru terus upload semua filenya melalui FTP, misalnya filezilla terus nanti jika ada message “the file already exist” centang aja yang always “overwrite if file already exist”. Jadi nanti semua file yang baru akan niban semua file yang lama. Tidak perlu kuatir filenya ada yang hilang karena yang ditiban hanya file komponen CMS wordpress-nya. Kalo udah selesai uploadnya, kemudian coba akses domainanda.com/wp-admin nanti akan ada pesan bahwa databasenya out of date mesti diupgrade, kemudian klik aja “upgrade” selesai deh. Karena sepengalaman saya kalo mendelete file lamanya akan memakan waktu lagi, jadi mendingan ditiban aja. Maaf loh mas ini sekedar nambahin aja, karena saya tau mas jauhari jauh lebih tau dari saya, master template wordpress gitu loooh hehhee :D

    BTW, kok di versi 2.5 saya selalu ngalamin error ya pada saat mau upload image di postingan? Ada yang ngalamin ga? Kira2 penyebabnya apa ya?

  13. bukannya dah ada instanupgrade plugin.2 klik beres deh,untuk back up pake DB manager plugin.dijamin lebih aman..cmiiwww

      1. Aryo Sanjaya:
        Saudara slamet, dengan alasan khusus *sok sibuk* dan persiapan mau *nikah* saya belum bisa upgrade. saya masih menunggu versi *4.x

        Sluman Slumun Slamet:
        4.x? Itu khan MT Master Mister Aryo Sanjaya?

        Aryo Sanjaya:
        Tek, Tek Tek (bunyi keyboard Komputer Buah Buahan) sambil pura pura tidak baca pesan

        *kabur*

    1. Selama ini, saya upgrade tak pernah backup (tidak saya sarankan) Dan Alhamdulillah selalu sehat wal afiat, karena selama saya menyimak perubahan wp, tidak pernah menyentuh wp-content kecuali upgrade plugins bawaan.

      walauapun kalau mau mengikuti tips “Cara Lemod Upgrade WordPress” bisa “metani” file apa aja yang di ubah kemudian di timpali :D

      1. Yang perlu sekali untuk diback-up adalah databasenya, karena ada perubahan struktur database dari versi WordPress sebelumnya (sebelum upgrade saya pake versi 2.0.3).

  14. terus terang saya salut sama ente yang telaten ngerawat WP :D padahal kan cukup repot, karena tingginya frekuensi perkembangan WP

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*