Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya

Hampir Satu bulan ini kantor lagi benah benah. Benar secara benah gitu, karena kita mulai migrasi ke software Open Source dan pilihan jatuh ke Linux sebagai Operating Sistemnya. Akhirnya dengan team it gerilya untuk mencari Distro apa yang paling cocok kami gunakan. Dan ternyata perkembangan dunia distro sudah sangat jauh sekali diluar perkiraaan kami sebelumnya.

Dan setelah browsing dan googling akhirnya pilihan kami jatuhkan ke beberapa Distro yang kami anggap populer. Sebenarnya penilaian kami tidak hanya populer, akan tetapi juga kompabilitas dengan hardware lama kami :D

Dan berikut ini beberapa distro yang kami aplikasikan di kantor kami:

Ubuntu

UbuntuMau tidak mau ini menjadi salah satu target kami, dimana versi terbaru dari distro ini adalah 7.04 si Feisty Town, akan tetapi dan sayangkan distro ini setelah beberapa kali kami test tidak semuanya berjalan mulus, bahkan cenderung SANGAT LAMBAT di pentium 4 dengan RAM 128 sekalipun, akhirnya kami putuskan mencari adiknya dan kami menggunakan versi 5.1, akan tetapi dengan menggunakan versi inipun PR kami secara langsung bertambah, ini dikarenakan beberapa user kami adalah MP3ers dan seperti kita tahu Ubuntu merupakan salah satu Distro yang tidak langsung menyertakan codec mp3nya. Yang menjadi PR kami disini, si versi 5.1 ini sudah tidak di support langsung sama ubuntu.com jadi kami harus googling untuk meng update system kami agar bisa jalankan MP3.

Jadi kalau temen ada tutorial atau panduan sekalian file yang dibutuhkan, help me please :(

PCLinuxOS

PCLinuxOSBagi sebagain windowser PCLinuxOS ini merupakan pilihan jitu, karena interface ‘lumayan’ mirip dengan keluarga Micro$oft. Saya juga suka dengan PCLinuxOS ini, paket defaultnya lumayan lengkap dan mudah cara installnya. satu tanda tanya bagi saya, pembuatan default interfacenmya kurang elegan secara saya, terlalu mlenduk mlendung(glembung-glembung)

Suse

Open SuseSuse disini saya tidak bisa bicarakan banyak karena setelah saya install di beberapa PC bisa jalan normal, akan tetapi setelah update/install Yahoo Messenger menjadi CRASH :(

Perlu sebagai catatan, Suse yang saya pake disini masih versi SIMBAH saya. Yaitu suse versi 9.x.x

Parsix

ParsixBanyak yang jarang denger :D Distro yang satu ini, karena sampe saat ini belum sampe pada versi 1. masih versi 0.x.x, sebagai informasi saja, Linux ini turunan dari keluarga Debian, induk dari ubuntu ;) saya sudah mencobanya dan terus terang saya juga “lumayan” jatuh hati sama tampilannya, cuma ada sedikit catatan. Ada beberapa fungsi yang belum berjalan dengan baik.

Linux Mint

LinuxMintIni dia yang saya pakai sekarang sebagai Operating Sistem di hampir keseharian saya :D, Distro ini adalah turunan dari Ubuntu, dengan merubah menambah sana sini sehingga terkesan lebih elegan dan profesional. Hebatnya lagi distro ini synapticnya bisa ngikut dari updatetan dari ubuntu, pokoknya mantep abis ;).

Kalau anda sendiri menggunakan apa? Dan kenapa?

0 thoughts on “Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya

  1. Eh, itu mp3 atau berkas video lainnya, saya tidak ada masalah di Ubuntu. Codec lengkap kok. http://wiki.ubuntu-id.org/PanduanUbuntu kayaknya jadi referensi yang bermanfaat deh.

    Tentang Yahoo! Messenger, ya tetep enakan pake Pidgin saja bisa langsung jalanin macem2. Yang masih rada bingung ketika nyari driver untuk printer di Feisty Fawn… ya.. ya… printer saya sudah (mungkin) sudah ketinggalan jaman sih… Gak beli printer karena belum terlalu “butuh” printer sebenernya….

  2. pake feisty fawn! (Ubuntu 7.04) untuk mp3 ama codec2 yg laen gampang koq,,install aja gstreamernya ama win32codec..lebih lengkapnya liat aja di ubuntuguide.org
    the most user friendly linux lah, IMO :d

    1. Lo, Ubuntunya mantep mas.. ndak SUSAH.. yang susah itu yang versi lama si versi 5.1, karena sudah tidak di Support Langsung sama si Ubuntu.comnya :)
      Jadi kalau butuh update kesulitan.

      Dijamin ndak kecewa deh make Ubuntu versi terbaru.
      *iklan mode ON :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *