Alasan TanyaSaja.com di tutup

Walaupun saya bukan pengguna aktip Tanyasaja.com tapi ketika membaca Sur-El masal yang dikirimkan ke anggota dengan awalan yang indah dan diakhiri dengan info yang menyedihkan saya sempat bertanya saja bukan dot com :) Kenapa situs ini cepat sekali ditutup? Alasan TanyaSaja.com di tutup?. Dalam waktu 2 tahun detik.com memutuskan menutupnya. Karena kalau di cermati dari awalan isi sur-el nya Tanyasaja.com mempunyai Ratusan Ribu anggota aktip.

Arsip Tanyasaja.com
Arsip Tanyasaja.com

Kenapa harus ditutup? Apakah tidak bisa di monetize? Atau terlalu banyak produk sejenis di detik.com sendiri? Seperti kita tahu Detik juga punya forum yang mencoba mencari ceruk yang sudah dikuasai Kaskus.us atau dulunya Tanyasaja dibikin untuk menjadi Yahoo! Answer Indonesia? Sayangnya Yahoo! Answer juga mempunyai kecepatan yang cukup gesit, karena Yahoo! Answer Indonesia juga sudah ready. Saya sendiri kurang tahu, tapi kalau user lebih dari 100rb dan di tutup bagi saya sangat disayangkan.

Berikut Sur-El resmi dari Tim Tanyasaja.com

Dear Anggota Tanyasaja,

Setelah 2 tahun menjadi salah satu situs tanya jawab hasil karya anak negeri, Tanyasaja.com telah berkembang dan memiliki ratusan ribu anggota yang setia dan selalu aktif dalam melakukan tanya-jawab pertanyaan berkualitas. Setiap anggota memiliki kesempatan yang sama dalam memberikan kontribusi dan manfaat yang luar biasa kepada anggota lain. Sehingga Tanyasaja.com lebih dari sekedar bertanya.

Namun, setiap ada awal pasti ada akhir. Begitu pula dengan Tanyasaja.com yang harus mengakhiri segala aktifitasnya dalam waktu yang sesingkat ini. Tanyasaja.com akan ditutup dan tidak dapat diakses kembali mulai tanggal 24 November 2010 karena berbagai pertimbangan Manajemen Detikcom.

Semoga dengan ditutupnya Tanyasaja.com, silaturahmi yang telah terbentuk masih dapat terjalin melalui beberapa media komunitas detikcom lainnya, seperti Blogdetik dan Detikforum yang menyediakan subforum khusus anggota Tanyasaja, dan di kesempatan lainnya.

Akhir kata, segenap tim komunitas detikcom mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang terlibat dan memiliki pengaruh dalam pengembangan Tanyasaja.com selama ini dan telah menjadikan Tanyasaja.com melebihi dari fungsi sesungguhnya.

Terima kasih untuk ilmu, pengalaman dan cinta.

Salam Tanyasaja

Selamat tinggal Tanyasaja.com semoga berakhirnya di 24 November 2010 nanti menjadi sebuah kenangan yang indah. Apakah anda pengguna Tanyasaja.com? Pertanyaan dan Jawaban tentang apa yang sering kalian berikan?

0 thoughts on “Alasan TanyaSaja.com di tutup
  1. lagi kangen sama TS, browsing2 akhirnya nyasar kesini…
    hmm… asli, gw sangat kehilangan tempat yang sangat sangat special buat gw…
    dan pada akhirnya gw sangat paham knapa situs ini lantas ditutup..

    kalo menurut gw sih sebagian besar ya disebabkan oleh kwalitas para penggunanya sndiri (dari postingan yg ga jelas konteksnya, pertanyaan, jawaban,pengacau2 yg cuma ngejunk, dsb)

    sekarang, silakan aja liat grup2 di fb (baik yg terbuka atopun tertutup) yang membernya mayoritas para jebolan member TS (baca: Tser).. “kondisi” seperti yg terlihat di fb itulah yg bikin detik.com males n gerah dengan tanyasaja.

    *bener2 kayak forum kan jadinya… so.. buat apa ts diterusin kalo dlm perkembangannya kondisinya ga jauh beda kayak forum, wong detik.com udah punya forum kok…
    mengenaskan!

    anyway… I miss TS.. the old TS…

  2. Memang rada aneh sebuah situs dengan nama yang ‘mengundang’ dan menjadi kebutuhan banyak orang koq di tutup.
    Semoga lahir yg baru dan lebih panjang umurnya

  3. nggak perlu terlalu disesali. mungkin aja sedang ada permasalahan intern di dlm manajemen mereka shingga situs tersebut harus ‘bubar’. kalo pun dijual ato dilelang tentu akan menimbulkan konsekuensi penyalahgunaan.
    kita2 sbagai pengguna ya cukup beralih ke situs lain aja. khan masih banyak situs yg sedjenis dgn situs tersebut. yg penting anak negeri harus tetap berkarya.

  4. Pingback: Nurudin Jauhari

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*