5 Cara Mudah dan Sederhana Menggali Ide Tulisan

Bagaimanapun juga menulis suatu Novel, Cerita Pendek ataupun sekedar blog perlu penggalian ide. Ide untuk kita kembangkan menjadi sebuah tema yang akan kita angkat menjadi sebuah tulisan. Banyak cara menggali ide dan memantau ide tersebut layakkah masuk sebuah tulisan baru. Saya Sendiri akan memberikan 5 tips menggali ide tulisan.

Jauhari dan Setyo Budianto
Jauhari dan Setyo Budianto

Seperti yang sudah saya publikasin dalam coretan singkat, bahwa kita tidak harus menunggu sempurna untuk berkarya, kesempurnaan ada wilayahnya sendiri. Tugas kita berbuat sebaik-baiknya dan selalu belajar dan belajar.

Salam Papua bersama Yashfa
Salam Papua bersama Yashfa

Perlu diingat penggalian ide tiap personal berbeda dan bisa jadi bersebarangan, jadi gunakan tips yang saya sebutkan ini sebagai media pembanding, akan tetapi kalau ternyata kebetulan sama metodenya… ini adalah rejeki kita. :)

  • Mendengarkan Musik
    Anda bisa mendengarkan musik apa aja dan biarkan imajinasi berkembang… Ketika musik dan imajinasi sudah klop biasanya akan muncul ide ide segar.
  • Menonton Film
    Banyak sekali film yang bisa memberikan imajinasi kita tentang sebuah topik tulisan.
  • Ngobrol / Chit-chat
    Ngobrol dengan siapapun kapan pun dimanapun, anda bisa ngobrol via media social (Twitter, Facebook) maupun nggobrol langsung dengan orang orang disekitar kita.
  • Browsing
    Bagi sebagaian orang cara ini adalah cara termudah dan tercepat menggali tulisan, dengan browsing membaca beberapa situs kita secara otomatis mendapatkan bahan atau ide tulisan baru, kita bisa mengembangkan atau menanggapi hal yang sedang kita baca2 sewaktu browsing
  • Istirahat
    Terkadang dengan istirahat akan banyak memunculkan ide ide baru. Istirahat atau Rehat adalah metode yang saya sering gunakan ketika ide tidak kunjung2 kita dapatkan

Semoga 5 Cara Mudah Menggali Ide Tulisan ini bermanfaat. Bagaimana dengan anda sendiri? Biasa menemukan ide baru darimana?

0 thoughts on “5 Cara Mudah dan Sederhana Menggali Ide Tulisan

  1. Ide sebenarnya sangat banyak di dalam kepala saya tapi cara menuangkannya yang sulit dan terkadang untuk membuat satu paragraf saja bisa membutuhkan waktu yang lama

  2. ini adalah dosa pemerintah lama yang meninabobokan rakyat dengan subsidi selama 32 tahun membuat kita terlena.akhir kata mudah-mudahan negeri ini selamat dari demo-demo massa yang berusaha menggoyang dan mencabik.

  3. hmm..kalau saya salah satu cara menggali ide tulisan yg paling sering adalah dengan browsing dan blogwalking…selain menebarkan linklove 60% adalah menemukan ide yang fresh dari postingan blogger tentangga termasuk postingan kang nurdin ini :)

  4. setuju banget sama: “kita tidak harus menunggu sempurna untuk berkarya”
    karena karya akan makin sempurna dengan sendirinya

  5. baca koran, baca buku, showeran pas mandi, terus jongkok di closet (ups maaf mas agak saru), ngelamun liat cewek (kadang2 sih), menatap langit dan awan sejenak. hehehe.

  6. akhirny saya nemu juga website mas nurudin jauhari..
    saya pecinta templte mas
    saya pake 2 template,hamasaki dan medan..
    btw saya mw tanya mas..
    saya mw pasang iklan di bawah header di template medan saya..
    caranya gmn y mas???
    coz newbie nih..
    tp blajar pake self hosting..
    thx mas,.
    semoga bsok2 mas nurudin bkin template yg mengguncang dunia blogger
    (amin)
    :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *